Monitoring dan Evaluasi dalam Manajemen Desa Wisata



Monitoring

Tujuan
Indikator
Tools
Proses pembuatan paket wisata baru
·     Mampu merencanakan dan membuat program paket wisata di desa wisata sesuai dengan ciri khas desa tersebut dan memahami pengembangan desa yang berkaitan dengan dibuatnya paket wisata baru, sehingga desa wisata memiliki ke-autentikan.
·         Mampu memahami terkait potensi di desa wisata, sehingga mudah dalam membuat pengelompokan paket ; misal : Potensi perkebunan salak, pertanian, budaya, dan sebagainya.
·         Kemampuan masyarakat desa wisata dalam menyusun paket wisata yang menarik sesuai dengan potensi yang ada
·         Kemampuan membaca dan memahami potensi yang dimiliki sehingga bisa dikembangkan menjadi paket wisata

Potensi desa wisata yang dapat dikelola menjadi paket wisata
Penyesuaian harga dengan fasilitas paket
Mengetahui kesesuaian harga jual paket dengan fasilitas yang didapat wisatawan  saat membeli paket
·         Paket haruslah layak untuk dijual dengan harga dan fasilitas yang sesuai dan setara
·         Wisatawan merasa puas dengan paket yang dibeli

transparansi harga mengenai apa saja yang akan didapat oleh wisatawan saat membeli paket berupa himbauan yang dicantumkan pada tiket/ media tertulis
Pemantauan terhadap promosi paket
Promosi yang dilakukan mempunyai hasil dan meningkatkan jumlah penjualan paket wisata
Ketepatan/mampu membidik mangsa pasar yang sesuai dengan paket wisata
Media promosi online & offline
Koordinasi untuk pembagian tugas masyarakat dalam menjalankan paket wisata
Memberikan beban tugas yang sesuai dengan bidang yang dikuasai masyarakat
Masyarakat mampu memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan tugas dan kemampuannya
Pembentukan panitia pengurus dan fasilitator dalam menjalankan paket wisata
Kesesuian kegiatan tour dengan itinerary yang dikemas dalam paket wisata
Untuk mengetahui apakah kegiatan tour tersebut sesuai dengan itinerary yang telah disusun
Kegiatan tour tidak boleh melenceng dari rundown di itenerary
Melakukan pemantauan saat kegiatan tour berlangsung
Sejauh mana progres penjualan paket
Mengetahui seberapa besar penjualan paket  yang telah dilakukan, dari penjualan paket ini akan diketahui apa sebenarnya faktor apa yang mengakibatkan paket tersebut kurang diminati sehingga wisatawan tidak mau membeli
Paket wisata yang telah dibuat harus menapai target penjualan yang telah direncanakan sebelumnya
Update rutin mengenai penjualan paket. Jika penjualan tidak sesuai dengan harapan maka paket wisata tersebut dapat disusun ulang untuk lebih meningkatkan minat wisatawan.
Pemantauan terhadap pelaksanaan paket wisata
Mengetahui proses jalannya pelaksanaan paket wisata
Mampu memenuhi target atau harapan yang diinginkan
Mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam pelaksanaan paket wisata






Evaluasi

Tujuan
Indikator
Tools
Seberapa banyak paket tersebut terjual
·         Mengetahui seberapa besar minat wisatawan dalam pembelian paket yang ditawarkan
·         Mengetahui kekurangan terhadap paket wisata yang ditawarkan
·         Mengetahui keuntungan dari penjualan paket wisata sesuai target


·         Tingkat pencapaiandaripenjualanpaketwisata
·         Peningkatan pengunjung desa wisata

Hasil penjualan paket wisata
Kendala dalam promosi paket
Mengetahui apa saja kendala yang dihadapi saat pelaksanaan kegiatan
Mengetahui dan mempaparkan segala detail kendala yang dihadapi serta menemukan solusi permasalahannya
Melaksanakan diskusi/forum setelah pelaksanaan kegiatan
Tanggapan wisatawan tehadap paket wisata
·         Mengetahui tingkat kepuasan konsumer terhadap paket wisata.
·         Mengetahui hal yang kurang dalam pelaksanaan paket wisata sehingga kedepannya bisa diperbaiki
Paket wisata yang dijual mampu membuat wisatawan merasa puas dan tempat wisata tersebut mendapat good image dari wisatawan
·         Testimoni wisatawan
·         Kuisioner tingkat kepuasan wisatawan
Kendala teknis di lapangan saat pelaksanaan paket wisata
Mengetahui permasalahan dan kesulitan apa yang terjadi selama pelaksanaan paket wisata
Kelancaran pelaksanaan paket sesuai dengan rencana
Forum Group Discussion bersama dengan pelaksana paket untuk mendapat feebcak dari paket wisata yang sudah terlaksana
Masukan terhadap biro perjalan yang membuat paket wisata jika wisatawan merasa tidak puas dengat tour yang berlangsung
Agar kedepannya pembuat paket wisata bisa belajar dari kekurangan yang dimiliki sehingga tidak terjadi lagi kesalahan  yang menyebabkan wisatawan tidak puas.        
Ketidaksesuaian tour dengan keinginan wisatawan
·         Testimoni wisatawan
·         Kuisioner tingkat kepuasan wisatawan

Apakah paket wisata tersebut meningkatkan brand awareness terhadap desa wisata tersebut?
Mengetahui seberapa besar wisatawan tahu akan desa wisata yang akan mereka kunjungi. Dari penjualan paket wisata memungkinkan adanya brand awarness terhadap desa wisata yang menjual paket tersebut. Secara tidak langsung saat wisatawan membeli paket tentu akan bertanya lebih dahulu seputar desa wisata tersebut dan kemudian mereka akan mempertimbangkan akan membeli atau tidak. Mereka akan cenderung memilih untuk mengetahui branding apa yang dimiliki.
Paket wisata yang dibuat harus bisa menggambarkan citra dari desa wisata yang membuat paket. Bisa menjadi branding yang kuat.
Menjadikan paket tersebut sebagai citra dari desa wisata itu sendiri. Membuat paket yang menggambarkan tentang sesuatu yang ada dalam desa wisata tersebut untuk menjadikan sebuah ciri khas.
Tingkat keberhasilan paket wisata dari pelaksanaannya
Mengetahui sukses serta lancarnya pelaksanaan paket wisata
Paket wisata mampu mencapai target dan memenuhi kepuasan wisatawan
Memberikan angket penilaian tentang paket wisata yang telah terlaksana kepada wisatawan serta meminta saran dan masukan untuk mengembangkan paket wisata




Nama Kelompok:
Winda Nurrahma
Alfiani Anisa D.
Alfiyyah Mutmainnah
Almira Farida F.
Angelica Adeline
Annisa Banyu Liwa F.
Nikosius Tani Sali

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GEREJA AYAM

PINUSAN MAGELANG

ALANISA FOOD TRAVEL #5